Selamat datang

Blog ini dibuat atas dasar hobiku yang suka makan yang namanya kue & coklat. Didalamnya nantinya akan ada banyak resep dan foto tentang kue2 atau coklat yang pernah aku buat. Tapi bukan berarti aku seorang 'pro' ya.. Aku hanyalah seseorang yg baru belajar membuat kue dan coklat daaaaan.... baru punya blog :)

Semoga bermanfaat buat Anda yang berkenan meluangkan waktu melihat2 blog ini.

Minggu, 20 Maret 2011

NCC Bolkus Week


Sbg ABG, ini adalah kreasi bolkusku yg kedua.  Alhamdulillah, ngakak.com & ga mengkeret.  Kalo yg pertama, ngakak juga tapi kempes dengan sukses begitu dibuka tutup kukusannya.

Resep pake punya mbak Yanti Saleh yg sudah diedarkan di milis (makasih ya mbak).  Kebetulan dirmh ada persediaan susu UHT punya anak2, jadi diputuskan untuk mengganti santan dengan susu UHT saja.  Tinggal beli minuman soda (sprite) di warung dekat rmh. 

Utk percobaan yg pertama gagal krn aku udah terlanjur memindahkan sprite di gelas dan cukup lama ditinggal.  Krn anakku yg kecil tiba2 muntah2.  Akhirnya stlh beresin semua, baru deh pegang mikser.  Cuma ya itulah, walaupun semua detail pengerjaan sudah persis sama…tetap aja tuh kempes. 

Hari ini kuputuskan utk angkat mikser lagi.  Kali ini, sprite baru dibuka ketika sudah tiba waktunya utk dicampur.  Tapi kok ya batch 1 masih kempes ya??  Lalu aku berpikir utk mengurangi waktu mengukus.  Krn pernah baca di blognya mbak Amy Riv (http://bakingnfood.wordpress.com/2010/12/23/tips-bolu-kukus-merekah-cantik/), yg mengatakan bahwa waktu mengukus bisa dikurangi.  Dan hasilnya memang benar lho… stlh dikukus selama 5 menit, hasilnya OK bgt. Ga kempes cuy! Dan matang, ga mentah atau bantet.

ASYIIIIIK!!!!! AKU BERHASIL MENGALAHKAN KUTUKAN BOLKUS!! HAHAHAHAHAHAAAAA……

Maaf, krn keterbatasan waktu dan sarana… jadi ga punya foto bahan2 yg dipake dan proses pembuatannya.  Harap maklum, anakku yg kecil masih agak rewel krn sakitnya.

Bolu Kukus
oleh Heryanti Saleh

Bahan:
2 butir telur
160 gr gula pasir
1 sdt emulsifier (munjung, aku pake SP)
200 gr tepung terigu protein rendah (aku pake Kunci Biru)
100 ml santan (aku pake susu UHT)
100 ml minuman soda (aku pake Sprite)
pewarna (aku pake cap Koepoe2)
Cara:
  1. Kocok gula pasir, telur dan 1/2 sdt SP dgn kecepatan tinggi sampai putih mengembang
  2. Masukkan tepung, susu dan sprite secara bergantian sampai bahan habis dengan kecepatan rendah. INGAT! SPRITE DIBUKA SETELAH TIBA SAATNYA UTK DICAMPUR KE ADONAN GULA & TELUR!
  3. Masukkan sisa SP dan kocok kembali dengan kecepatan tinggi selama 5-7 menit hingga berwarna putih dan mengkilat
  4. Bagi adonan sesuai dengan byk warna yg diinginkan 
  5. Tuang adonan putih secukupnya ke dlm loyang bolkus yg sudah diberi kertas roti atau cup kertas.
  6. Untuk adonan yg berwarna diatur saja sesuai keinginan.  Kalo aku, pada waktu menuangkan adonan warna (dgn sendok teh) aku tekan2 bagian tengahnya.  Kalo dirasa kurang, bisa ditambah supaya tidak tertutup oleh warna yg akan dituang selanjutnya. 
  7. Stlh siap, masukkan kukusan (aku pake yg biasa) selama 5 menit saja.  Pastikan uap sudah banyak dan air sudah mendidih ya.
Mudah2an bisa dimengerti penjelasannya.  Selamat mencoba buat tmn2 yg blm buat.  Utk yg masih gagal, jgn patah semangat ya!

Salam ngakak.com!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar