Selamat datang

Blog ini dibuat atas dasar hobiku yang suka makan yang namanya kue & coklat. Didalamnya nantinya akan ada banyak resep dan foto tentang kue2 atau coklat yang pernah aku buat. Tapi bukan berarti aku seorang 'pro' ya.. Aku hanyalah seseorang yg baru belajar membuat kue dan coklat daaaaan.... baru punya blog :)

Semoga bermanfaat buat Anda yang berkenan meluangkan waktu melihat2 blog ini.

Minggu, 29 Mei 2011

KBB #23 Cheesy Fun





Halo semuanya... apa kbr?  Udah lama ga update ya. Sekalinya update pasti tentang PR melulu ya heheheee...
Kali ini PR tentang keju.  Kami diminta utk membuat Lemon Cheesecake ala Itali.

Bahan2 kali ini lumayan bikin pusing waktu mencari dan membayarnya hehe...mahil2 euy :)  Utk mencari mas karyo dan mas rico ee... maksudnya mascarpone dan ricotta serta manisan apricot, aku sampai keliling 4 super market di Depok.  Tapi alhamdulillah, dapat juga.  Kalo manisannya dapat bantuan dari mbak Emma Isti.  Makasi ya mbak.

Tapi hasil akhirnya mantap.  Wangi lemon, kayu manis dan bumbu lapis legitnya itu lho....haruuuuuuuuuumm.
Bicara soal tekstur, kue ini sama lembutnya dengan cheese cake biasa.  Bedanya yg pertama adalah penggunaan crust.  Lucu juga sih.  Memberi penampilan yg lain dgn cheese cake biasa..
Kemudian dari segi rasa.  Cake satu ini lebih kaya rasa aprikot, kismis dan lemon.  Rasa kejunya?? Tidak terlalu terasa karena menggunakan ricotta dan mascarpone.  Utk mereka yg tidak terlalu suka dgn keju biasa, ini bisa menjadi pilihan.

Yuk kita simak bahan dan cara pembuatannya.  Tapi maaf ya step by stepnya lupa difoto.  Saking asyiknya membuat :P


Bahan-bahan :
Untuk 8-10 porsi

¼ cup port ----- *sejenis wine (aku ganti dgn perasan jeruk lemon)
¼ cup orange juice
75g sultanas (aku ganti dgn kismis)
150g mascarpone
400g ricotta
125g gula kastor (aku pake gula pasir yg diblender)
2 btr telur, pisahkan kuning dan putihnya
3 buah lemon, parut kulitnya
60g tepung terigu
80g manisan apricot, iris tipis

Crust:


30g mentega tawar
185g kacang2an, haluskan
8 sdt gula kastor
4 sdt dark brown sugar (aku ganti dgn palm sugar)
½ sdt bubuk kayu manis
¼ sdt bubuk mixed spice (aku ganti dgn bubuk lapis legit)



Panaskan oven 170C. Siapkan loyang ukuran 23cm (aku pake 24 cm), olesi dasar dan sisi2 loyang dengan mentega leleh. Alasi dasar loyang dengan baking paper, lalu olesi mentega leleh.

Panasi port, orange juice, dan sultanas di dalam panci selama 5 menit. Angkat dari api, tutup dan biarkan selama 15 menit.

Crust: panaskan mentega hingga leleh, masukkan kacang2an, semua gula dan rempah-rempah; aduk rata. Letakkan di dasar dan sisi loyang, tekan-tekan supaya padat dan melekat.



Kocok mascarpone dan ricotta hingga lembut, lalu masukkan gula, kuning telur dan parutan kulit jeruk, lalu masukkan tepung, aduk hingga rata dan lembut. Masukkan campuran sultanas-port-orange juice dan apricots.

Kocok putih telur di dalam mangkuk yang bersih dan bebas lemak hingga soft peaks. Masukkan putih telur kocok ke dalam campuran keju. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya.



Letakkan loyang ke atas loyang oven/loyang biscuit (oven tray/baking tray), panggang selama 1 jam, atau hingga permukaan cheesecake set tengah2nya dan berwarna emas kecoklatan di sekelilingnya. Matikan oven. Biarkan cheesecake di dalam oven dengan pintu dibuka sedikit selama 50-60 menit.
Keluarkan cheesecake dari oven. Gunakan pisau tumpul secara perlahan ke sekeliling cheesecake, lalu biarkan hingga betul2 dingin. Keluarkan cheesecake dari loyang dan dinginkan dalam kulkas selama 2 jam sebelum disajikan.







Tips: olesi mentega leleh ke sekeliling loyang agak tebal sehingga crust kacang akan terbalut secara merata.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar